Tips Keselamatan Kerja di Dapur Restoran

Saat bekerja di restoran, semua karyawan harus selalu sadar dan siaga akan terjadinya beberapa hal yg tidak dikehendaki. Seperti kita kenali kalau dalam operasional restoran banyak memakai bahan bakar seperti gas, api, minyak, dan listrik hingga peluang terjadinya kecelakaan selalu meneror. Karenanya semua karyawan restoran harus selalu memerhatikan dan memprioritaskan keselamatan kerja baik untuk dianya ataupun rekanan kerja. 

 

Tersebut disini 8 hal penting mengenai keselamatan kerja di restoran yang perlu selalu di perhatikan oleh karyawan restoran : 

 

1. Jauhi untuk menjalankan perlengkapan listrik saat keadaan tangan kamu basah 

Pastikan tangan kamu dalam kondisi kering atau pakai napkin atau tissue untuk mengelap tangan kamu yang basah sebelumnya menjalankan perlengkapan listrik baik itu jus, cup sealler dan yang lain. 

 

2. Selalu pakai sepatu kerja 

Sepatu kerja dapat membuat perlindungan kamu dari kecelakaan yang fatal. Untuk beberapa koki, pemakaian sepatu safety boot yang membuat perlindungan bagian depan kaki, akan membuat perlindungan kaki dari siraman air panas atau percikan minyak panas saat memasak di ruang kitchen. Sangat dianjurkan untuk memakai sepatu dengan bagian sol yang menapak kuat di lantai atau tidak licin. 

 

3. Pakai cempal saat mengangkat perlengkapan memasak yang panas 

Cempal atau dimaksud juga jampel yaitu penahan panas yang terbuat berbahan kain yang dipakai untuk mengangkat perlengkapan yang panas seperti kuali, panci dan yang lain. 

 

4. Selekasnya bersihkan bila ada minyak goreng atau cairan yang jatuh ke lantai 

Hal semacam ini untuk hindari terjadinya kecelakaan kerja karena terpeleset dikarenakan lantai yang licin. 

 

5. Pakai mat floor 

Mat floor berperan untuk memberi pijakan yang kuat untuk karyawan saat tengah bekerja dalam keadaan lantai yang licin. 

 

6. Jauhi memakai api terlalu besar 

Pemakaian api yang terlalu besar selain akan bikin suhu ruangan jadi sangat panas dapat juga menyebabkan ledakan. 

 

7. Bebaskan regulator atau kepala gas dari tabung gas saat kompor gas usai dipakai. 

 

8. Bila memakai kompor minyak tanah, jauhi isi minyak tanah dalam kondisi kompor sudah menyala. 

 

Sekian 8 hal penting mengenai keselamatan kerja di restoran yang perlu selalu di perhatikan oleh karyawan restoran untuk keselamatan kerja. Semoga berguna.

Write a comment

Comments: 7