Tips Memilih Sepatu Untuk Alam yang Terbuka

1. Pikirkan dengan Type Perjalanan yang bakal Kita Kerjakan Mulai dengan mencari sepatu boot atau sepatu trekking yang pas dengan lihat kelompok/ciri-ciri medan yang paling pas dengan gagasan perjalanan kita. 

 

Pada umumnya sepatu outdoor dapat dibagi dalam 3 kelompok basic, yakni : 

 

a. Sepatu untuk pendakian ringan 

Sepatu ini didesain untuk perjalanan begitu pendek seperti pendakian satu hari atau kesibukan semalam saja. Sepatu itu menitik beratkan pada tingkat kenyamanan seperti pemakaian bantalan pelindung, serta bahan yang breathable (memiliki kekuatan bernafas-mengeluarkan uap panas dari dalam sepatu). 

 

b. safety shoes untuk pendakian sedang 

Sepatu ini di desain untuk kesibukan pendakian dengan beban pendaki yang enteng hingga cukup. Sepatu ini lebih tangguh serta dapat menyokong/menahan beban yang dipikul daripada sepatu enteng, sepatu ini pas untuk perjalanan yang pendek hingga tengah pada medan yang gampang hingga cukup berat. 

 

c. Sepatu untuk pendakian berat/sepatu spesial Mountaineering 

Sepatu boot ini di desain untuk di medan berat serta dengan beban pendaki yang tengah hingga berat. Memiliki bentuk tinggi, dapat menyokong kaki, serta dapat membuat perlindungan kaki serta pergelangan kaki. Sepatu ini di desain untuk kesibukan berhari-hari/berminggu-minggu. Sepatu ini begitu tangguh serta kaku bahkan juga sebagian salah satunya pas untuk pemakaian crampon (untuk sepatu salju atau es), hingga sepetu ini begitu membuat perlindungan serta mendukung untuk kesibukan mountaineering. 

 

2. Pikirkan Permasalahan Bahan 

 

Bahan yang dipakai dalam pembuatan sepatu bIoot atau tIrekking bakal punya pengaruh pada berat, kekuatan bernafas/breathability-nya, kekuatannya dan ketahanannya pada air. Berdasar pada bahan yang dipakainya, sepatu boot dibagi atas : 

 

a. Sepatu dengan Bahan Nylon Mesh serta Potongan Kulit - Keunggulan sepatu type ini yakni enteng hingga dapat kurangi beban, condong empuk di kaki, cepat dalam membukanya, harga nya relatif lebih murah serta dapat bernafas (breathable), membuatnya pas digunakan pada cuaca hangat hingga tengah, cepat kering di saat basah serta pas untuk perjalanan/pendakian pendek hingga tengah. Namun memiliki kekurangan, salah satunya kurang stabil pada medan yang miring, kurang tahan lama dan umumnya kurang tahan air dibanding sepatu boot dengan bahan full kulit (terkecuali yang memakai susunan waterproof). 

 

b. Sepatu Kulit - Sepatu ini betul-betul tahan air, tangguh serta lebih supportive di banding sepatu kombinasi bahan kulit serta nylon. Sepatu ini umumnya dipakai untuk perjalanan panjang/lama, beban pendaki berat serta medan pendakian yang susah/keras, serta paling utama tahan lama. Namun sepatu boot in tak se-ringan serta se-breathable kombinasi kulit/nylon, dan membutuhkan saat untuk buka serta memasangnya. 

 

c. safety footwear - Sepatu ini dipakai untuk medan es atau salju, digunakan untuk aktivitas pendakian/ekspedisi ke gunung-gunung bersalju atau es. Memiliki bentuk begitu kaku/rigid, begitu layak untuk pemakaian crampon (alas bergerigi yang dipasang di sepatu), terbagi dalam dua lapis yakni susunan dalam sebagai penghangat serta sisi luar sebagai pelindung, Bersamaan perubahan tehnologi, sebagian sepatu boot baik berbahan kombinasi kulit/kain atau full kulit saat ini banyak yang tahan pada air hingga kaki tetaplah kering waktu hujan turun, ini berlangsung karena pemakaian/perlakuan susunan tahan air seperti Gore-tex, Sympatex Dry-tex, Outdry, dan lain-lain. Perlakuan ini diterapkan pada umumnya material sepatu boot untuk mempertinggi tingkat ketahanan airnya.. 

 

Walaupun itu susunan ini bukanlah adalah obat manjur untuk sepatu boot, lantaran umurnya tak tahan lama serta perlakuan ini punya pengaruh pada harga dan dapat bikin kaki jadi tak nyaman bila digunakan di hawa panas. Tingkat ketahanan air ini bergantung dari type bahan yang dipakai, beberapa bahan pelindungnya, seberapa kerap dipakainya serta sebagus apa perawatannya. Bila perawatannya benar jadi susunan tahan airnya dapat bertahan lebih lama daripada usia sepatu tersebut. Oleh karenanya yakinkan senantiasa ikuti ketentuan 

perawatan yang umumnya ada pada tiap-tiap paket sepatu, hingga sepatu kita dapat tahan lama serta berperan dengan baik. 

Write a comment

Comments: 2
  • #1

    seks telefon (Thursday, 19 January 2017 05:09)

    nieprzekonanie

  • #2

    love spells (Saturday, 21 January 2017 06:45)

    niezwymyślany